Wednesday, October 16News and Features

Saat ‘Alice in Wonderland’ Hadir di Tomohon International Flower Festival 2018

Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2018 berlangsung untuk kali ke-8 pada Rabu (8/8) di Tomohon, Sulawesi Utara. (Foto: Dok. Kemenpar)

TOMOHON – Sejak kemarin, Rabu, 8/8/2018, ada yang berbeda di Tomohon, Sulawesi Utara. Warga dan wisatawan menyerbu perhelatan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2018 yang berlangsung untuk kali ke-8 di sana. Menteri Pariwisata Arief Yahya pun tak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini untuk mempromosikan Asian Games 2018.

Mobil hias Kementerian Pariwisata tampil dengan motif badak yang menjadi salah satu maskot Asian Games 2018. Sedangkan bagian belakang sejumlah maskot Asian Games ditampilkan dengan pose sedang berolahraga.

Selain kementerian itu, promosi Asian Games juga dilakukan kendaraan hias Bank BRI. Atribut kendaraan milik BRI juga semarak dengan hadirnya sejumkah maskot.

Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti mengatakan pelaksanaan TIFF 2018 berlangsung spesial karena ada perbaikan dari setiap pelaksanaannya.

“Setiap pelaksanaannya pun berlangsung sukses. Selalu mampu menyedot perhatian masyarakat dan wisatawan. Oleh karena itu, TIFF masuk dalam Calendar of Events Kementerian Pariwisata,” kata dia.

Alice in Wonderland

Kendaraan hias unik lainnya datang dari Kementerian Pertanian. Kendaraan ini mengangkat tema Alice in Wonderland.

Sesuai tema, kendaraan Kementerian Pertanian menghadirkan sosok Alice di atas kendaraan. Lengkap dengan replika sosok pendukung lainnya seperti Rabbit dan lainnya.

Kehadiran Alice mampu mencuri perhatian pengunjung.

“Pelaksanaan TIFF 2018 memiliki value yang tinggi. Sebab melibatkan peserta dari mancanegara. Faktor ini turut mendukung hadirnya wisatawan. Selain itu, bunga-bunga yang dilibatkan dalam event ini berasal dari Tomohon,” jelas Esthy.

TIFF juga diikuti peserta mancanegara. Mulai dari Jepang, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, Thailand, Bhutan, Georgia, dan masih banyak lagi. Tidak hanya mobil hias, kesenian dari negara-negara ini juga ditampilkan.

Sambutan semakin seru lantaran duta besar sejumlah negara juga hadir.

Yang paling menyita perhatian adalah hadirnya Pangeran dan Putri Kerajaan Georgia. Keduanya mampu mencuri perhatian pengunjung dan media peliput yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Arief Yahya mengapresiasi TIFF 2018 karena memadukan banyak budaya.

“Pelaksanaan TIFF 2018 sama bergengsinya dengan festival Pasadena di Amerika. Mudah-mudahan event ini akan berlangsung semakin hebat setiap tahunnya. Sukses buat TIFF 2018,” katanya. (PM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *