Sunday, August 25News and Features

Lokasi dengan View Istimewa di Los Angeles Ini, Dijual Seharga 1 Miliar Dolar

Baverly Hills Mountain, lahan dengan view Kota Los Angeles yang dijual seharga $1 miiar. (Foto: New York Times)

LOS ANGELES -Aaron Kirman dari Pacific Union Real Estate, sebuah agen properti baru-baru ini membawa sejumlah orang untuk mengunjungi lokasi itu. Tidak sekadar menjadi sebuah kawasan yang luas dan cukup untuk menampung orang-orang dari Disneyland dan California Adventure dan taman Disney lainnya, namun kawasan dengan nama Gunung Beverly Hills ini memberikan pemandangan nan indah, rumah-rumah mewah di Los Angeles dan kolam renang mereka di bawahnya. Tempat ini memiliki nuansa lapangan golf di puncak sebuah kota yang kosong, dengan halaman rumput terawat yang dijaga hijau dengan banyak alat penyiram.

Tentu saja, ini bisa diperdebatkan, apakah calon pembeli akan setuju dengan Kirman bahwa lahan yang belum dikembangkan ini benar-benar bernilai $ 1 miliar. Permintaan harga yang keterlaluan seperti ini, khususnya di Los Angeles, bukanlah hal baru. Harga $100.000.000 untuk sebuah rumah seluas 100.000 kaki persegi yang dibangun spekulatif di puncak bukit empat acre di Bel Air adalah rekor setinggi kota sejauh ini.

Label harga semacam itu seringkali merupakan cara untuk menarik perhatian pembeli ketimbang menjadi indikator sebenarnya dari nilai pasar. Jika properti yang sangat mahal dijual, itu sering dibarengi dengan diskon besar. Tengok, penjualan $ 100 juta Playboy Mansion pada tahun 2016 – penjualan rumah paling mahal di Los Angeles pada saat itu. Itu sesungguhnya adalah harga setelah diskon sebesar 50 persen dari harga permintaan $ 200 juta.

Kirman mengatakan harga $ 1 miliar dibenarkan sebagian karena tidak mungkin untuk merakit begitu banyak lahan di lokasi prima seperti itu lagi. “Ini permata mahkota,” katanya. “Bagi miliarder yang menginginkan privasi di puncak tertinggi Beverly Hills, itu adalah peluang besar.”

Asal tahu saja, pada 2016, Playboy Mansion menetapkan rekor harga tertinggi yang dibayarkan untuk properti perumahan di Los Angeles. Ini dijual seharga $ 100 juta, yang setengah harga yang diminta.

Kirman harus menjual lahan ini dengan mengedepankan gagasan bahwa mencairkan satu miliar dolar ke dalam properti pribadi adalah ide yang bagus. Belum ada seorang pun yang mendekati ambang batas itu, setidaknya tidak secara terbuka. Pada tahun 2014, sebuah kompleks Hamptons seluas 18 acre dijual seharga $ 137 juta – rekor untuk sebuah rumah keluarga tunggal di Amerika Serikat. Tahun ini, properti Malibu dijual seharga $ 110 juta, dan itu menjadi rekor saat ini di Los Angeles County. Sementara itu, Pangeran Saudi membayar $ 300 juta untuk properti di Prancis, yang dianggap sebagai harga tertinggi yang pernah dibayar untuk sebuah rumah di dunia.

Billy Rose, seorang co-founder dan president of the Agency, broker real estate mewah yang tidak terafiliasi dengan daftar miliaran dolar, mengatakan apartemen di lingkungan paling mahal di Los Angeles dan Beverly Hills bisa mencapai hampir $ 20 juta per acre , dan lebih tinggi jika mereka memiliki pandangan. “Kami melihat harga tanah yang belum pernah kami lihat sebelumnya,” katanya.

Selama satu dekade terakhir atau lebih, pasar real estat mewah Los Angeles – yang, hingga saat ini, dianggap tidak stabil dibandingkan dengan kota global lainnya, seperti New York dan London – yang telah mengalami ledakan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kota ini semakin menarik bagi pembeli kaya yang mencari properti yang memiliki ruang dalam dan luar ruangan yang luas.

“Anda dapat memiliki rumah mewah di sini,” kata Mr. Rose. “Anda tidak dapat membeli lahan seperti ini di kota-kota besar metropolitan lainnya. Di sini Anda dapat memiliki rumah dan mobil serta garasi Anda. ” (The New York Times/PM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *