Wednesday, October 16News and Features

Zurich Lake, Permukiman Mahal Karena Gaya Hidup

ZURICH – Cerita tentang Danau Zurich semakin menarik, ketika ternyata sepanjang Danau Zurich ini, aku sampai ke Heidiland, tempat dimana kisah ‘HEIDI’ di Mainfield berasal. Cerita tentang Heidiland akan aku bahas di artikel2 berikutnya.

Danau Zurich adalah salah satu danau cantik di Swiss, di tenggara kota Zurich. Karena dataran di Swiss sangat ‘naik turun’, membuat sering kali membuat agak bingung. Ada dikatakan Upperlake, berarti di hulu dan kadang mempunyai makna tersendiri.

Ketika kami berkeliling danau cantik ini, sangat terasa begiu banyak potensi danau ini yang benar2 dimanfaatkan oleh pemerintah kota. Katakan saja, di seputar Zurich Lake sangat dimanfaatkan sebagai daerah pemukiman. Dan pemerintah kota pun sudah siap dengan fasilitas2 lengkap yang luar biasa. Begitu juga daerah ini untuk wisata, dan perhotelan.

Pemerintah kota juga ‘membebaskan’ burung2 liar, serta bebek dan angsa liar untuk hidup disana. Banyak sekali bebek2 dan angsa2, apalagi ketika datang serombongan  wisatawan, untuk meminta sisa2 remahan roti untuk mereka.

Di beberapa titik, pemerintah kota Zurich juga membangun ‘kolam renang’ asli dari danau, tetapi dibatasi sedemikian rupa sehingga keamanannya cukup terjamin. Karena jika kita berenang bebas di danau, ini sama sekali tidak menjamin keamanan, karena danau itu adalah alam, yang tidak ada satu manusiapun yang bisa melawan alam …..

Ada juga di titik tertentu, pemerintah kota membangun air mancur setinggi 20 meter yang bisa dilihat dari kota. Cantik, ketika kita ‘berlayar’ disana, muncratan airnya membuat sejuk. Bebek2 dan anngsa2 banyak berenang kesana. Mereka tidak takut dengan manusia karena mungkin mereka yakin bahwa manusia tidak mengganggu dan tidak jahat kepada mereka.

Menurut referensi yang aku baca, sumber air danau ini berada di ketinggian 3.614 meter diatas permukaan laut. Mulai dari aliran Sungai Limmat, dimana sungai Limmat ini menyusuri kota Zurich. Dari hulu danau dan sungai ini, aliran airnya sangat terlihat. Beriak2 tenang, dan air berwarna biru terang pancaran langit biru atau hijau kebiru2an pantulan dari ganggang hijau di dalam danau tersebut.

Banyak yang berkata, hidup di Zurich mahal. Ya! Memang sangat mahal, seperti yang aku tuliskan di artikelku sebelumnya. Tetapi dengan kenyamanan dan fasilitas2 yang sangat mumpuni, tidak sedikit orang yang berpindah dari negara2 tetangga untuk tinggal di sekitar Danau Zurich, sesuai yang aku tanyakan di beberapa titik pemukiman disana.

Pemerintah Swiss pun memfokuskan danau ini sebagai jalur wisata. Banyak dibuka tempat2 wisata yang dialiri air Danau Zurich ini. Kota2 kecil yang mungkin sebenarnya sebelumnya tidak menjadi jalur wisatawan, menjadi salah satu tempat wisata di Swiss.

Seperti misalnya, kota Rapperswil, sebuah kota kecil nan cantik, tempat tumbuhnya ribuan mawar dari seluruh dunia. Ulasan ini akan aku tuliskan setelah beberapa artikel setelah ini ….. (Naskah dan Foto: Christie Damayanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *