Wednesday, October 16News and Features

Siap Beroperasi, Ini Rute Lengkap Kereta Bandara Soetta

JAKARTA – Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang akan menjadi bandara ketiga di Indonesia yang dilayani oleh kereta listrik sebagai moda transportasi masal. Sebelumnya sudah ada Bandara Kualanamu Medan, dan Bandara Adi Soecipto Yogyakarta. Sekalipun rencana pengoperasian perdana 1 Desember kemarin tertunda, namun ada baiknya Anda ketahui rute kereta dari stasiun keberangkatan hingga Bandara Soetta.

Sejatinya kereta ini akan berangkat dari Stasiun Manggarai, namun hingga saat dimana uji coba dilakukan, kabarnya kereta belum bisa diberangkatkan dari Manggarai. Informasi yang diterima podomoromagazine.com, untuk masa-masa awal ini kereta akan diberangkatkan dari Stasiun Sudirman Baru. Letak stasiun ini berada di antara Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet.

Kereta akan dioperasikan mulai pukul 03.00 dinihari, dan berakhir pada 23.00. Kereta tersedia setiap 40 hingga 50 menit sekali. Akan ada lima stasiun yang disinggahi kereta bandara, selain Manggarai dan Sudirman Baru, kereta juga akan singgah di Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper dan terakhir di Stasiun Bandara Soetta.

Stasiun Sudirman Baru yang kini menjelang rampung dibangun itu, akan melayani juga penumpang trasit dari Stasiun KRL Sudirman maupun Stasiun KRL Karet, karena kedua stasiun ini terhubung ke Sudirman Baru dengan jalur pejalan kaki.

Pembangunan kereta bandara ini dikerjakan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) sesuai penugasan yang ada pada Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2011 tentang Penugasan kepada KAI untuk Menyelenggarakan Prasarana dan Sarana Kereta Api Bandar Udara Soekarno-Hatta dan Jalur Lingkar Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi. (JL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *