Sunday, August 25News and Features

Meniru Desain Rumah Tetangga, Didenda Rp40 Miliar

TORONTO – Sebuah keluarga di Toronto, Kanada mengantarkan tetangganya ke pengadilan dengan tuntutan mencapai lebih dari $2,5 juta atau medekati Rp40 juta. Pasangan Barbara Ann dan Eric Kirshenblatt, digugat tetangga mereka, Jason and Jodi Chapnick karena tuduhan meniru desain rumah. Dua keluarga ini bertetangga, dan dalam beberapa tahun terakhir ini, rumah Jason dan Jodi menjadi tersohor di kawasan Forest Hill, Toronto lantaran memiliki desain yang unik.

Dalam gugatannya, seperti dikabarkan Oddity Central, Jodi mengklaim Kirshenblatt merenovasi rumah mereka dengan menjiplak desain eskterior rumahnya. Desain yang dimaksud mencakup material batu untuk dinding, jendela berwarna biru, pintu dengan sirkulasi udara berbentuk busur, dan cerobong.

Disebutkan bahwa “rumah Chapnick dikenal dan dipuji oleh lingkungan sekitar berkat desainnya yang unik. Oleh karena itu, Kirshenblatt menyontek desain rumah mereka demi keuntungan pribadi, yakni meningkatkan harga rumah.

Kirshenblatt diketahui tidak pernah menghuni rumah tersebut. Pada 2015, mereka berhasil menjualnya seharga US$ 3,5 juta, atau hampir US$ 2 juta lebih tinggi dari harga awalnya.

Gugatan itu dilayangkan pada 2014. Beruntung tiga tahun berselang, Chapnick mencabut tuntutan tersebut setelah menemukan kesepakatan dengan Kirshenblatt.

“Mengingat biaya yang terkait dengan gugatan ini, menjadi keuntungan bagi kedua belah pihak untuk berdamai,” ujar pengacara keluarga Kirshenblatt. (ODC/JL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *