Wednesday, October 16News and Features

Jurus Akurat Menaksir Nilai Tanah

JAKARTA – Di dunia properti, nilai tanah merupakan unsur yang sangat penting. Sebab, untuk proses pengembangan bangunan apapun di atasnya memerlukan tanah sebagai landasannya.

Nilai tanah sangatlah penting, mengingat 3 sifat yang dimilikinya seperti tidak mengenal batasan waktu, jumlahnya yang tidak bertambah secara fisik, dan instrumen yang aman untuk menyimpan kekayaan jangka panjang.

Seperti dilansir dari buku “Properti dalam 17 Hari” karangan Supriyadi Amir, metode penilaian tanah dianggap penting, mengingat bahwa tanah selalu dinilai dalam penggunaan tertinggi dan terbaik.

Metode paling ampuh dalam menilai tanah adalah menunjuk pada pasar atau metode perbandingan langsung pada data penjualan.

Kriteria data pembanding

Supaya penilaian tanah kosong disebut sebagai pembanding, nilai tanah harus kompetitif dengan subjek tanah dengan masing-masing data penjualan, yakni data penjualan haruslah data terbaru (up to date).

Sebaiknya, tanah yang dibandingkan terletak di wilayah atau area yang sama dengan subjek tanah yang dipengaruhi kondisi sosial dan ekonomi yang sama pula.

Data yang telah dihimpun dari pembanding akan lebih baik memuat informasi rinci tentang fisik, aspek legal, dan lokasi. Data yang telah dihimpun ini sangat membantu dalam penentuan perbandingan dengan subjek properti.

Sumber data tentang nilai tanah tersebut dapat diperoleh dari banyak pihak intens berhubungan dengan properti, seperti kantor notaris atau kantor agen properti, pengembang properti, lembaga penilaian dan media iklan properti yang dapat dilakukan untuk dijadikan sumber. (OKZ/JL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *