Wednesday, October 16News and Features

Entrepreneurial Mindset dan Tantangan Dunia Industri Moderen

Oleh: Jonathan Gultom, S.E., S.T., M.Bus., Head of Entrepreneurship Program, Podomoro University

Ketika hendak berbisnis, orang sering mengatakan bahwa dia butuh persiapan. Menurut Babson College, kita tidak bisa memprediksi sesuatu yang akan terjadi dimasa depan. Itu sebabnya, orang harus terjun langsung untuk berproses di dalamnya dan mengalami perubahan itu. Tentu saja ada kemungkinan gagal dari proses terjun langsung ke dalam bisnis ini. Tetapi, paling tidak ada proses untuk belajar secara cepat dari kegagalan itu dan memperbaikinya. Harus segera dimulai, itulah kata kunci jika hendak menjadi entrepreneur.

Entrepreneurship atau kewirausahaan adalah sebuah pola pikir atau mindset. Mindset ini mengandung beberapa nilai utama di dalamnya yakni, kreatif dan inovatif untuk mampu mengolah sumber daya yang dimiliki guna menciptakan nilai atau value.

Apa yang dilakukan di Program Studi Entrepreneurship Podomoro University adalah untuk mengajarkan para mahasiswa bagaimana entrepreneurial mindset. Dengan mendalami ini, lulusan dari sini dapat menjadi seorang entreprenur dengan kwalifikasi di atas rata-rata untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin dinamis.
Bagi yang ingin menjadi profesional pun, ia akan menjadi profesional dengan entrepreneurial mindset. Ia akan menunjukan performa kerja di perusahaan dengan kwalitas yang lebih baik dibandingkan profesional pada umumnya.

Profesional tanpa entrepreneurial mindset akan bekerja seadanya sesuai dengan rincian kerja dan tanggungjawabnya. Ini berbeda dengan profesional yang ber-mindset entrepreneurial, Ia akan berpikir bagaimana cara untuk mengembangkan diri, krestif mencari cara-cara yang inovatif untuk mendukung pekerjaanya guna mencapai result yang lebih tinggi bagi perusahaan.Perusahaan dengan profesional ber-mindset entreprenueurial pun akan bertumbuh lebih cepat.

Ini didukung juga oleh riset yang menemukan bahwa, para pengambil keputusan menginginkan beberapa karakter yang harus dimiliki oleh para lulusan perguruan tinggi. Karakter-karakter itu antara lain, jujur, kreatif, solutif, inovatif dan memiliki leadership. Nah, itu semua adalah karakter yang terkandung didalam entrepreneurial mindset.

Di Podomoro University, mahasiswa dipersiapkan dari semeseter pertama untuk memiliki entrepreneurial mindset. Kita memiliki mata kuliah TAEL (Thinking and Acting like Entrepreneur Leader) di semua program studi, dimana mahasiswa menggali ide-ide bisnis yang ada di dalam diri mereka, dan pada semester dua, ide-ide itu diwujudkan dalam bentuk sebuah prototipe bisnis. Di tingkat berikutnya,para dosen akan memberikan mata kuliah yang berkaitan, juga pengalaman-pengalaman di dalam proyek-proyek Agung Podomoro Group serta juga internship hingga ke luar negeri, mereka akan semakin diperkaya sehingga nanti di tingkat akhir, mahasiswa itu harus menciptakan sebuah business plan.

Dengan demikian, saat lulus kuliah minimal mereka tidak hanya mengantongi ijasah, tetapi juga ada konsep bisnis yang sudah digodok dan tinggal dijalankannya. Nah, di dalam Podomoro University pun tahun ini kami mulai mendirikan inkubator bisnis. Di sini, mereka akan didampingi oleh coach-coach yang aplikatif. Di inkubator ini nantinya mahasiswa yang sudah memiliki ide bisnis, dapat diwujudkan. Bagi yang sudah memiliki bisnis, akan dikembangkan dengan bantuan inkubator bisnis ini.

Khusus untuk mahasiswa di Program Studi Entrepreneurship, kami mengajarkan kepada mereka hal-hal esensial tentang entrepreneurship. Mereka tidak diajarkan tentang keahlian pada satu industri tertentu untuk mereka kuasai. Apa yang diajarkan akan menjadi basic skills yang sangat baik dan sangat dibutuhkan ketika nantinya menghadapi dunia industri. Layaknya, mereka diberikan modal dan ketika Ia masuk dunia industri, dirinya akan berkembang dengan sangat cepat dan Iadapat berkembang di industri apapun.

Dalam kenyataannya, kita meyakini bahwa entrepreneurial mindset adalah sesuatu yang universal dan tidak akan berubah. Namun, industri terus dinamis dan mengalami perubahan. Karena industri yang dinamis dan berubah dengan sangat cepat, maka apa yang mereka pelajari di dini akan memberikan fundamental untuk dapat menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan yang sangat cepat itu. Apalagi selain berbekal knowledge, para mahasiswa juga memiliki passion untuk berwirausaha. Dengan begitu, ia akan beradaptasi dengan sangat cepat.

Saat ini pun, sejumlah mahasiswa di Podomoro University sudah membuktikan bahwa mereka sudah sanggup membangun bisnis di bangku kuliah. Ada beragam bisnis yang mereka jalankan, antara lain bisnis kuliner, bisnis sepatu, fashion bahkan ada yang masuk ke sektor fishery atau ikan dan sebentar lagi ada yang akan masuk ke fintech business (financial technology). Ada pula yang berbisnis kopi yang dikumpulkan dari UKM-UKM yang ada di seluruh Indonesia, mulai dari Aceh sampai Papua.

Dengan mendalami entrepreneurship di Podomoro University, kita mengharapkan lulusan-lulusan dari sini akan mampu mengembangkan bisnis mereka. Jika profesional pun, mereka menjadi profesional yang siap beradaptasi dan berdayasaing tinggi di dunia kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *